Minggu, 07 September 2014

Soal GBS, selera musik, antimainstream, dan cowo macho Indonesia

Semalam nonton konser di Sabuga bareng Friska dan anak matematika yang lain. Dua kata : Seruuuu Abis!!!

Ada banyak artis yang tampil, ada Mocca, Gugun Blues Shelter, Tulus, Raisa, Naif, dan Maliq. Kereeen sih walaupun panitianya sedikit menyebalkan sejujurnya heheheh ;p. Banyak banget penonton yang ngeluh soal profesionalitas panitianya.

Band yang paling saya tunggu-tunggu ada dua, Gugus Blues Shelter sama Naif. Kalau sisanya yaa saya enjoy-enjoy aja sihh tapi ga nunggu-nunggu banget. Dan penampilan Gugun Blues Shelter kemarin menurut saya gila keren abiissss, tuh 's' nya ampe panjang banget. Jujur aja saya ga banyak suka sama band-band Indonesia hehehehe. Tapi Gugun Blues Shelter ini menurut saya musisi Indonesia yang punya selera musik tingkat tinggi, main musiknya keren abis, dan lagu-lagunya keren punya. Gugunnya Gugun Blues Shelter sendiri adalah salah seorang gitaris blues yang dikenal jago banget main gitarnya *coba aja dengerin solo performance-nya doi, gilaaaa!!!*.

Cuman yang aneh buat saya, sewaktu Gugun Blues Shelter tampil, banyak banget penonton yang kurang antusias. Bahkan ada cewe-cewe SMA di sebelah saya yang jelas banget cuman datang karna nunggu Raisa dan Tulus, nyeletuk sewaktu Gugun manggung, aduuh lama banget sih, ganti dong. Zzzzzzzz.

Yaah, sebenarnya ga aneh-aneh banget juga sih, musiknya GBS kan memang ga 'mainstream', bukan selera orang Indonesia kebanyakan lah. Kebanyakan anak jaman sekarang sukanya musik melow-melow soal kegundahan, patah hati berlebihan, dan cinta masa remaja. Yang didengernya juga cuman musik mainstream mulu. Kalau ga korea-korea-an, denger boyband-girlband Indo yang maaaaaaf banget, tapi jujur aja lagunya begitu-begitu aja, kurang banyak variasi harmoni dan jelas yang dijual tampang.

Yah jahat sih saya bilang gitu hehe. Sori yeee. Tapi itu bener.

Sebagian anak muda ada juga yang suka Maliq, Tulus, Naif. Musisi-musisi Indonesia yang menurut saya keren juga. Dan kemarin jelas banget pas Tulus tampil semua suka dan memang menurut saya oke punya lah. It's fair enough.

Tapi GBS, yang musiknya okeee banget, sampai diakui orang Eropa sama Amerika disana, eh di Indo malah ga banyak yang suka. Sedih yaaa.

Kalau cewe-cewe sih masih mending lah ga suka. Mungkin karna musiknya campuran antara blues dan rock kali yaa. Tapi kalau cowo-cowo masih pada ga doyan juga, kayak yang saya lihat di konser kemarin, buset, saya ga ngerti lagi. Kebanyakan cowo datang cuman buat nonton Raisa. Raisa juga bagus sih. Tapi cowo gitu. Hadoooooh. Macho dikit napa. hehehe. Masa kalah ama gw, cewe berbadan kecil, tapi  datang karna GBS dan teriaknya kenceng abis pas mereka tampil.

Cuman segelintir cowo semalam yang ikut nyanyi lagunya GBS dan pas saya nengok, mereka memang kelihatan cowo sejati yang macho-macho.

Selera itu bukan sesuatu yang bisa dipaksakan atau diukur karna sifatnya subjektif. Tapi secara umum, menurut saya, cowo-cowo jelas lebih macho kalau musik favoritnya juga manly, musik yang ada unsur rocknya, bluesnya, bukan girlband lah, penyanyi solo wanita lah, atau kumpulan artis porno Jepang yang membentuk girlband-girlband-an dengan lagunya yang itu-itu aja.

Yaaah, sori banget kalau tulisan dan opini saya offensive. Maaf. Tapi nyatanya memang selera musik kita itu jangan cuma yang mainstream. Musik itu sesuatu yang indah dan kayaaaa banget. Dan sedih rasanya melihat banyak banget generasi muda Indonesia sekarang yang ga begitu mau mendengar jenis musik yang bagus dan kaya. Dan sedih banget ngeliat cowo-cowo sekarang yang seleranya bahkan lebih feminin dari gw yang cewe. Please be a man. Sono dengerin lagu rock, jingkrak-jingkrak, suka-suka deh. Bukannya ga boleh dengerin yang melow. Saya juga kadang dengerin. Tapi kalau cowo, yah jangan lebih feminin dari cewe dong seleranya.

Come on guys, Explore semua yang bisa kita dengar. Pilih musik yang berkualitas untuk didengar. Dengan begitu, kita juga mendorong perkembangan musik Indonesia ke arah yang lebih baik, bukan cuman kayak sekarang, niru, jiplak, menonjolkan seksualitas dan penampilan jadi andalan utama beberapa musisi-musisi kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar