Sabtu, 03 Mei 2014

Gadget is cool, but..

Jaman sekarang, di era modernisasi dan reformasi *katanya hehehehe*, kayaknya sudah ga aneh lagi deh liat anak-anak, mulai dari yang bisa digolongkan remaja sampai anak-anak SD, bahkan saya pernah nemu anak yang dari ukurannya sih, bisa ditebak masih anak TK pegang gadget masing-masing. Semua sibuk dengan handphone, tablet, sibuk main game ini, game itu, semua jenis permainan yang saya aja kagak taiu apaan hehe. 

Dulu saya inget ka Weni pernah nyeletuk, liat deh ka, anak-anal SD aja gadget nya lebih bagus dari yang punya kita. 

Saya sih ketawa-ketawa aja dan seperti biasa memberi komen iya kaa hahahaha. Emang saya yang masih berstatus mahasiswa *alias ga punya gaji sendiri* ga pernah kepikiran buat membebani orang tua saya buat beli gadget bla bla bla yang mahal-mahal. Pikir saya, ngapain gitu. Punya saya udah cukup bagus dan ga perlu ganti-ganti sama yang modelnya paling baru bla bla bla. Kalau mau gaya yang begituan ntar kalau punya duit sendiri, jangan ngulurin tangan minta orang tua, itu sih prinsip saya. 

Yah jadi selama ini saya sih peduli amat. Cuman kalau dipikir-pikir emang iya kan, anak-anak sekarang yang dididik dengan cara 'modern' sering banget pegang gadget kemana-mana. 

Beda banget waktu saya masih kecil dulu.

Emang mau gamau, dengan perubahan jaman dan teknologi yang terus berkembang, anak-anak emanng juga harus melek teknologi dan menguasainya. Tapi yang saya perharikan sih kadang gadget anak-anak itu yah cuman buat main game, ga lebih heheh. 

Dulu waktu saya masih kecil, karna ga ada gadget-gadget an, mainan saya biasanya bareng saudara atau tetangga. Main imajinasi-imajinasian sih kalau saya biasanya. Jadi guru-guruan, main jadi tukang salon, jadi koki, jadi ibu rumah tangga hahahaha, dsb. Dulu saya malah pernah berperan jadi tukang siomay yang pake roda. Pokoknya macem-macem deh. Saya bisa jadi apa aja yang saya mau. Kalua ga, main petak umpet atau bekel, atau apa aja deh, Pokonya yang semua bagian badan saya, mulai dari pikiran, imajinasi, sama kaki dan tangan saya bergerak. Mainan favorit saya sih lari-lari di kala hujan, tapi itu ga pernah dibolehin, entah kenapa hahahahahah. 

Terus sewaktu saya mulai sekolah, saya rajin pegang buku cerita. Perpustakaan SD itu serasa surga dunia, saya suka baca semua buku cerita bergambar yang ada. Kisah walt disney udah habis saya baca. Cerita winnie the pooh satu set juga udah abis saya baca. Gedean dikit, saya baca set cerita rakyat dari seluruh Inodnesia. Ga siang ga malem, saya seneng banget pegang buku cerita. Lebih besar lagi, saya suka baca Goosebums. Tau kan yang novel amaerika tentang hantu0hantuan gitu. Terus novel Lupus dan kawan-kawannya. Semua deeeeh. 

Makanya, tanpa sadar saya suka nulis, karna saya suka baca buku. Gituuuu. 

Terus jadi kepikiran, anak-anak kecil yang dari masih bocah banget begitu udah hobinya pegang gadget muluuu, suka ga ya mereka main imajinasi-imajinasian, atau suka ga ya mereka main hujan-hujanan, lari-lari, semakin deres semakin seneng. Suka ga ya mereka main petak umpet sama anak-anak tentangga. Suka ga ya mereka baca novel-novel, cerita-cerita. 

Hmmm entah sih, mungkin kalau orangtuanya tetep memberi porsi anak-anak mereka untuk bermain di dunia nyata, bukan dengan gadgetnya saja *yang kebanyakan cuman bisa dimainin sendiri kan* , mungkin mereka masih bisa main kayak kita kecil dulu. Tapi kalau gaaaa, entah deh, anak-anak Indonesia masa depan mungkin jarang komunikasi sama makhluk hidup kali heheheh. Atau ga punya daya imajinasi yang hebat, Atau ga suka main di alam bebas, Atau ga suka ujan. Atau ga suka sama tetangganya hahahah. 

Sebenernya gapapa sih main gadget, bagus malah, jadi melek teknologi kaan. Siapa tau ntar kalau udag besar bisa bikin gadget sendiri hehe. 

Tapi menurut saya pribadi *no offense nih* anak-anak kecil jangan kebanyak pegang gadget dulu kali yaaa. Lebih asik kalau 'main beneran' heheh. Interaksi sama anak-anak lain, eksplor imajinasi dan cari hobi yang keren. Banyak baca buku juga bagus loh buat kesehatan otak dan jiwa heheh. 

Yah begitulah kesan saya terhadap fenomena bocah-bocah kecil pegang gadget. Jangan ampe kecanduan lah ya intinya. Bermain tanpa gadget itu sejujurnya lebih asik dan lebih sehat loh kalau menurut saya pribadi heheh. 

Pegang gadget juga sebaiknya kalau udah usianya. Kalau udah bisa mengidentifikasikan apa sih peran dan fungsi gadget itu, saat kita bisa mengendalikan benda menarik di tangan kita, bukan sebaliknya. Yah, gadget is very coool, but...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar