Senin, 19 Mei 2014

Our new manager

Welcome Louis Van Gaal as Manchester United's new manager!!

Hah, finnaly, setelah santer banget kabar dikontaknya Van Gaal selama berminggu-minggu di media-media olahraga, Van Gaal resmi juga dikontrak sebagai manager baru United. Baru dikonfirmasi kira-kira satu jam yang lalu.

Kabar-kabar yang beredar sih Van Gaal ini orang yang paling tepat menduduki kursi kepelatihan MU setelah David Moyes, yang musimnya di United penuh kegagalan dipecat.

Sejujurnya, sebagai fans United, saya lebih suka Ryan Giggs yang dalam 4 pertandingan terkahir berperan sebagai manager ad interim United jadi manager tetap sih. Yah hasil 2 kali menang, satu kali imbang, dan satu kali kalah dari 4 pertandingan United as a Rookie keren juga kali kalau menurut saya. Tau kan rookie  itu apa, baru banget maksudnya, newbie-lah kalau minjem istilahnya Tita hahah.

Tapi emang rasanya kalau Giggs yang jadi pelatih, mungkin butuh waktu untuk United jadi juara lagi. Maksudnya, ga semua kayak Pep Guardiola kaaan, yang langsung sukses besar di Barca. Selain butuh kemampuan luar biasa, kesuksesan kayak gitu kan butuh luck juga *mari tengok lagi perjalanan karir om Moyes yang kayaknya no luck sepanjang musim*. Tapi ya teteeeep, fans United mana sih yang ga mengagumi Giggsy. Soal loyalitas jangan ditanya deh. Soal talent, soal prestasi, semua lengkap. Sepertinya kalau Giggs juga pensiun dari Old Trafford sebagai pemain, pasti ada selebrasi besar-besaran dari fans. Giggs kan pemain terbesar yang pernah ada di United.

Tapi ya balik lagi, secara matematis, United akan butuh waktu lebih lama untuk juara lagi kalau pelatihnya Giggs, dibandingkan dengan Van Gaal. Secara van Gaal berpengalaman dan selalu menjadi juaradi klub manapun yang ditungganginya.

Yah balik lagi deh, sepakbola modern sekarang memang beda sih. Money take control
Kalau fans sih masih sanggup nahan ga juara, tapi klub mana bisa. Apalagi United sudah go public alias menjual sahamnya kepada publik. Kekalahan dan kemenangan tim berpengaruh besar terhadap harga saham United, yg ujung-ujungnya duit juga. Kemarin aja sewaktu Moyes jadi pelatih United saham United anjlok terus dan setelah dipecat langsung naik drastis.

Kalau dulu, ga masalah pelatih butuh waktu untuk membangun tim. Sir Alex juga ga langsung sukses gemilang kali di United. Butuh waktu 4 musim untuk meraih trofi pertamanya. Coba kalau sekarang, 4 tahun tanpa gelar juara, United bisa collapse secara finansial kali.

But anyway, Van Gaal sekarang ini manage baru United, dan lagi diluar apapun keputusan-keputusan klub yang kental berbau finansial, always, just like Sir Alex said in the night when he announced his retirement, "Just like you stand behind me as your manager, now you have to stand behind our new manager." 

Hope the best meneer Van Gaal, good luck!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar