Jumat, 10 Oktober 2014

Cerita Penjual Tahu Sumedang dan Dunia yang Lebih Baik

Berkat setiap hari naik ancot *atau kalau sekarang sih bahasa populernya ngancot hahahahah* saya jadi banyak ketemu orang.

Pagi ini saya satu angkot dengan bapa-bapa penjual tahu sumedang. Bapa paruh baya ini membawa dua keranjang besar yang bertuliskan 'tahu sumedang' besar berwarna putih dan kayu yang biasa digunakan untuk menggendong keranjang tersebut.

Karna saya kurang kerjaan, saya curi-curi memperhatikan bapa ini. Bukan karna bapanya ganteng banget sih hahahah, tapi pengen liat aja. Separuh rambutnya berwarna putih, persis kayak rambut orangtua saya dirumah, bajunya berwarna abu-abu dan sudah agak lusuh. Bapa ini mengenakan sepatu olahraga nampaknya, Yang sudah agak usang juga sejujurnya.

Tiba-tiba saya merasa iba. Habis, saya ga habis berpikir, berjualan tahu sumedang gitu memang untungnya berapa sih. Tiba-tiba saya yang suka agak kelewat imajinatif membayangkan dia harus menghidupi keluargnya dengan keuntungan berjualan tahu sumedang yang saya yakin pasti ga banyak *bukannya bermaksud underestimate sihh*.

Sejujurnya saya juga yah ga bisa banyak berbuat apa-apa juga sih. Tapi sedih aja.

Ini sih masih mending jualan tahu sumedang. Saya pernah ketemu bapa-bapa yang jauh lebih tua, jualan tangga, tangga cuuuuy, keliling kompleks. Bayangkan, dia memikul satu tangga yang panjang itu loh, dari kayu, dibawa-bawa keliling-keliling berharap ada yang beli. Yang mana, jelas kan orang ga akan beli tangga setiap hari. Pernah juga saya ketemu bapa-bapa penjual ulekan. Tau? Itu loh yang dipake buat ngulek sambel. Ibu saya punya ulekan dari batu, tau ga belinya kapan? Ih saya juga udah gatau, saking lamanya itu ulekan dibeli, ya abis dari batu kan, ga rusak-rusak laah. Jadi intinya yah, ulekan kayak begitu jarang kali ada yang beli. Iya kan?

Miris ya. Kalau buat saya sih miris, ga seharusnya orang setua itu bekerja sedemikian rupa. Itu sih pendapat saya pribadi. Dan kenapa juga harus ada orang yang bekerja macam begitu. Ga seharusnya juga kan. Pekerjaan yang sulit, dengan upah yang minim.

Masih rendahnya taraf kehidupan di negara ini membuat hal-hal macam begitu masih terjadi.

Saya dan kebanyakan dari kita sih beruntung, punya taraf kehidupan yang jauh lebih baik. Bisa sekolah setinggi ini, punya kesempatan untuk punya pekerjaan yang jauh lebih layak.

Seharusnya kita yang punya kesempatan untuk mencicipi hidup yang lebih baik ini ambil bagian untuk menolong orang-orang seperti itu.

Untuk saat ini, yang bisa saya lakukan sih ga banyak. Kalau ketemu nenek-nenek penjual cemilan di depan itb *neneknya udah tua banget seriusan, yah namanya juga nenek-nenek sih hehehe, tapi tua banget ciyus*, saya kasi aja uang lebih, abis disuru beli cemilannya juga pasti ga saya makan. Atau kakek-kakek penjual amplop di depan salman itb *wuuih kake ini juga udah tua banget ciyus deeh, dan agak susah diajak berkomunikasi*, ga ada salahnya kan dikasi uang lebih kalau beli amplop. Yah selain itu, untuk sementara saya gabisa ngapa-ngapain lagi. Kesel rasanya, ga bisa ngapa-ngapain hahaha. Tapi saya percaya kebaikan yang ditunjukkan setiap hari itu akan berdampak banyak kok. Mulai deh peduli sama orang-orang yang lebih susah dari kita. Berempati. Dan semoga dunia ini jadi tempat yang lebih baik untuk ditinggali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar