Minggu, 02 Februari 2014

Ketika merasa jahat

Keyakinan saya mengajarkan saya untuk selalu murah hati.

Saya mengawali tulisan saya dengan pernyataan di atas. Buat saya itu bukan sekedar kewajiban agama. Saya lebih suka menggunakan kata keyakinan yang saya percaya dan saya pegang.

Malam ini, teman sekelas saya bertanya melalui whatsapp, "Ka, anak-anak pada ngerjain pr di kosanku. Boleh liatin kerjaanmu?"

Oh waw, pikir saya. Saya tidak langsung menjawab. Saya berpikir dulu kira-kira sepuluh detik. Pertanyaan pertama saya, siapa aja ya yang dia maksud 'anak-anak'? Detik berikutnya, saya teringat saya sedang merasa tidak nyaman dengan seorang mba-mba di kelas, dan langsung tergambar wajahnya belajar di kosan teman saya itu dan dengan bodohnya *fuih memalukan* saya merasa agak kesal dan entah kenapa mulai pengen nangis karna kesal. Ckckckck

Fuih lagi. Ada apa dengan saya. Langsung beragam pikiran muncul di kepala.
Kenapa gw jadi jahat yaa? Itu cuman pr rib.
Yang saya jawab sendiri detik berikutnya, Iyaa itu pr yang gw kerjain seharian di hari sabtu. Dipikir pake otak. Ngerjainnya buka-buka buku, nahan-nahan ngantuk ngetik yg bagus di word. 

Pikiran berikutnya, tapi ga masalah sih, gw bukan freak, It's oke kalau orang lain liat pr doang kan. Bukan..bukan, bukan aja karna gw ga rela liatin pr gw, tapi karna gw ga yakin siapa saja subyek yang liat pr gw.  Gw ga nyaman sama mbak itu, dan entah kenapa membayangkan dia di kosan teman gw itu ngeliat pr yang gw kerjain dengan susah payah membuat gw kesel sampai pengen nangis coba. Fyuih Tuhan.. 

Iyaa gw punya masalah pribadi sama mbak itu, 

Inilah saat-saat dimana saya bingung soal konsep murah hati. 
Murah hati bukan berarti lo harus memberikan semua yang orang lain minta kan. Murah hati ga berarti selalu 'baik' sama orang, never says no meskipun itu bukan sesuatu yang hati lo sendiri yakini benar. Murah hati itu ga berarti kamu harus selalu bilang iya, bahkan ketika pr yang lo buat susah payah diliatin ke orang-orang.

Tapi murah hati berarti lo ga membenci orang lain. Ga membeda-bedakan perlakuan lo sama orang lain. Meskipun dia menyebalkan buat lo. Meskipun dia sering membuat lo ga nyaman. Tapi lo harus selalu mau belajar buat mengasihi dia kan.

Karna itu inti dari iman yang Dia ajarkan ke lo, buat mengasihi orang lain seperti lo mengasihi diri sendiri.

Baiklah. Saya salah.

Pertama, saya salah karna saya merasa sebal sama mbak itu. Terlepas dari apapun yang dia lakukan, saya harus belajar kontrol diri sendiri. Itu yang namanya penyangkalan diri.

Kedua, murah hati itu ga berarti bodoh atau selalu bilang iya.  Kadang lo harus berani bilang ga, karna hal itu memang lo yakini dan memang itu yang benar. Murah hati ga sama dengan baik. Baik itu juga harus disertai prinsip dan dan melakukan yang benar.

Ketiga, rasanya jauh lebih nyaman ketika akhirnya bisa mengakui bahwa saya salah.

Fyuih, itulah cerita ketika saya merasa jahat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar