Rabu, 12 Maret 2014

Naik Ancot? Happy-happy aja kok

Pertama kali pulang pergi dari rumah ke sekolah naik ancot (istilah gaulnya angkot hahahahah) itu dari kelas satu SMA. Hmm berarti udah lewat tujuh setengah tahun yaa ngancot.

Kalau kata orang-orang naik transportasi publik semacam ancot itu sangat amat ga recommended. Yaiya lah, yang namanya transportasi publik kayak gitu berarti kita harus rela berbagi kenyamanan sama orang-orang lain yang kita ga kenal. Sering mesti desak-desakkan, mesti kesel sama penumpang rese yang ngerokok dalam angkot, mesti ketemu pengamen-pengamen yang kadang rese banget juga (marah kalau ga dikasi uang) ga ada AC-nya, suka ngetem, suka muter-muter,yang jelas ga wangi, dan musik yang diputer adalah yang bergenre dangdut koplo disko-disko gituuu.

Tapi yah kalau untuk sementara ini ga ada altenatif gaya transportasi yang lain ya mau bilang apa lagi. Idealnya itu tanggung jawab pemerintah sih buat membenahi moda transportasi publik biar lebih nyaman dan aman. Kalau di negara-negara maju kan transportasi publiknya bagus.

Anyway, meskipun banyak banget alasan untuk ga menyukai ancot, tapi sejujurnya kadang naik ancot itu juga asik loh.

Salah satunya, saat kamu naik ancot, kamu bisa ketemu orang-orang yang aneh dan kadang-kadang lucu.

Contohnya sore ini saat saya naik ancot langganan saya, yang warna biru langit dan akrab dipanggil SSC. Karna bosan, saya baca-baca web dari handphone. Tiba-tiba ada dua orang "koko-koko" gitu naik ancot yang saya tumpangi. Dari awal mereka sudah berhasil menarik perhatian saya dari berita yang saya baca karena gaya bicara mereka. Dari jarak segitu dekat, mesti gitu ngobrolnya pake teriak-teriak. Entah emang bahasa dari negaranya kayak gitu, apa emang dua orang koko ini aneh aja (heheh) teriak-teriak mulu nih dua orang. Terus tiba-tiba salah satu koko ini nyodorin kartu nama bertuliskan nama salah satu hotel dekat mal ke saya. Astaga, dia ga bisa bahasa Inggris sedikitpun. Dia nunjuk-nunjuk kartu nama itu, sambil ngomong serampangan pake bahasanya yang saya ga ngerti satu patah katapun dan masih teriak-teriak.

Akhirnya saya coba dengan sangat susah payah menjelaskan pakai bahasa Inggris dimana alamatnya itu berada.

"You have to stop here and change the car." saya berupaya menjelaskan sambil memberi isyarat dengan dua tangan saya. Udah sambil monyong-monyongin mulut selebar-lebarnya biar doi ngerti, doi malah melongo.

Akhirnya saya ngulang-ngulang kata stop sampai berulang-ulang baru deh dia ngerti kalau harus berhenti. Yang jadi masalah saya ga bisa menemukan isyarat tangan buat nyuruh dia ganti ancot. Doi cuman ketawa-ketawa sambil ngomong beberapa kata lagi dalam bahasanya. Sadar saya sempat melongo saking takjubnya sama gaya ngomong ni orang, buru-buru saya senyum dikit dan pura-pura sibuk baca handphone saya lagi.

Haaah stress gw. Yah kalau jadi turis gitu, minimal dikit-dikit bisa bahasa lokal atau bahasa Inggris lah mestinyaa.

Tau deh, dua orang koko itu sampai dengan selamat atau gaaa.

Intinya, kadang naik ancot itu bisa jadi lucu dan menyenangkan loh. Kapan lagi coba lo nemu orang-orang aneh kayak gitu kalau naik kendaraan pribadi terus. Pernah juga saya merhatin ibu-ibu yang bawa anak banyak banget yang amat sangat berisik, sama sekelompok anak SMP yang suka ngegosip dan berisik banget juga, pernah juga sama sekumpulan ibu-ibu arisan yang berisik juga *padahal gw sendiri juga suka berisik heheheh*. Lucu deh, bisa perhatiin orang-orang, kadang kalau dengerin obrolan mereka lucu-lucu juga. Pernah juga seancot sama waria. Pernah juga seancot sama pencopet *soalnya sehabis turun dari ancot itu saya kehilangan dompet*. Macem-macem deh. Unik kan. Hal-hal kayak gitu gabisa didapetin selain saat naik ancot.

Yaah, poin terpenting yang saya pelajari dari kehidupan saya ber-ancot ria selama bertahun-tahun, adalah nyaman ga nyaman, asik ga asik, bahagia ga bahagia itu, tergantung dari sudut pandang kita sendiri. Kalau aja kita mau rubah sedikit sudut pandang kita, keadaan juga bisa jadi lebih baik loh menurut saya. Kalau ngeliat ancot itu cuman sebagai mobil kurang bagus yang berisik, lagunya dangdut koplo disko-disko, ga wangi, dsb, pasti berat ngejalanin tiap hari naik ancot. Tapi kalau rubah sudut pandang kita dan nikmatin sisi asiknya, menurut saya asik-asik aja tuh naik ancot setiap hari dua kali sehari hehe. Mungkin nanti kalau udah sukses, kangen juga naik kendaraan umum yang satu ini.

Yah, bahagia itu tergantung perspektif kita melihat kehidupan itu sendiri. Bahagia itu pilihan cuy.

Dan bahkan sometimes, lagu dangdut koplo disko-disko itu juga kalau dinikmatin bisa jadi lucu kok hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar