Selasa, 22 Januari 2013

Kehendakku

Dalam hidup ini, ada beberapa hal yang tidak dapat kita pilih. Kita tidak bisa memilih seperti apa kita dilahirkan, kita tidak bisa memilih dari keluarga atau suku bangsa apa kita dilahirkan. Dan masih ada beberapa hal lain yang tidak dapat kita pilih. 

Tapi saya rasa, selain hal-hal seperti diatas, sisanya hidup kita adalah pilihan. Allah mencipta manusia dengan kehendak bebas. Manusia diciptakan untuk memilih jalan hidupnya sendiri. Bahkan Dia tidak memaksakan DiriNya pada manusia. Kita dapat memilih untuk menerima anugrahNya atau tidak. Dia tidak menggunakan kuasaNya, kemulianNya, atau otoritasnya atas semua ciptaan untuk membuat kita mempercayainya. Dia lebih memilih untuk membiarkan kita memilih. 

Apa kehendak bebas itu akan kita dekap sendiri  atau kehendak bebas itu kita serahkan pada Tuhan kembali, itu pilihan. Mungkin dengan mendekapnya sendiri, untuk sementara kita bisa menentukan jalan hidup sesuka kita. Tapi apakah itu cukup berarti, atau itu cukup memuaskan, saya rasa tidak. Walaupun butuh waktu untuk dapat menyadari bahwa setiap jalan pilihan manusia sendiri penuh resiko, penuh kekeliruan, dan berakhir pada kekecewaan. 
Namun satu hal yang pasti, ketika kita memberikan kehendak bebas kita, menaklukkannya dalam otoritas Allah, justru saat itu lah kita sungguh menemukan diri kita seutuhnya

Kadang saya merasa ingin bebas dan menentukan jalan hidup saya sendiri. Saya tidak suka dikekang atau dilarang-larang. Saya ingin dapat menentukan apa yang akan saya jalani nanti. Namun ketika kita sudah berkomitmen pada Tuhan hal itu jadi sangat berbeda. Setiap hari kita dituntut untuk menyangkal diri kita dan menyerah pada kehendak Tuhan. Memang sulit, saya sih sering gagal. Tapi tentu sudah sepatutnya kita terus berusaha, setiap hari mengasah kerendahan hati kita di hadapan Allah, menaklukkan kehendak kita pada kehendakNya, dan pada akhirnya, kita sungguh-sungguh menjadi diri kita sendiri. Sungguh-sungguh bebas dan merdeka. Dalam arti yang sesungguhnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar