Rabu, 09 April 2014

Pelajaran dari Violaa

Dikasi peliharaan baru sama abang. Anjing herder yang masih bayi bernama Viola. 

Lucuuuunya minta ampun. Pas pertama-tama dikasi abang saya sih, saya agak bertanya-tanya juga, iteeem banget yaa. Jadi kepalanya, badannya semuanya item mengkilat, tapi kakinya coklaat. 

Mungkin karna doi item kali yaa, ade saya jadi ga begitu suka *rasis emang diaa hahaha*, tapi saya udah berasa jatuh cinta gitu pada pandangan pertama. Jadilah saya yang ngasih makan, minum, dan mengajak Viola bermain. 

Repot juga sih, lo harus bangun lebih pagi buat ngasi makan. Ga boleh lupa ngasi minum. Bersiin. Daan harus rajin-rajin diajak main, apalagi anjingnya masih kecil. Terus sewaktu dia sakit, kayak hari ini, lo harus merawat dia, ngasi saleb, ngasi obat. Terus lo harus mendidik dia. Teriak-teriak sit Viola, siiiit. Padahal gw aja masih bingung gimana caranya anjing bisa ngerti bahasa Inggris coba hehe.

Tapi semuanya jadi sangat worth it, ketika anjing kecil yang lo sayangi menggoyang-goyangkan ekornya setiap kali lo datang, akhirnya bisa belajar naik tangga, dan cuman mengitari kaki lo meskipun ada orang lain yang manggil-manggil namanya. Karna dia cuman kenal sama lo yang ngasi makan dan merawat dia. :))

Malam ini, pas saya harus ngobatin Viola yang lagi sakit, saya jadi sadar sesuatu, saya sayang banget sama anjing kecil ini. Saya ga mau dia sakit. Saya seneng banget melihat dan ngajak dia main. Dia kayak 'milik' saya yang kecil yang harus saya jaga baik-baik. Dan sambil saya mengobati Viola malam ini, saya jadi ingat sesuatu yang saya ga mengerti. Tentang pernyaatan C.S Lewis soal kasih Tuhan pada manusia. 

Mungkin yang dimaksud C.S Lewis dalam bukunya, ketika dia menggambarkan kasih Allah kepada manusia bisa dianalogikan dengan perasaan saya pada Viola. C.S Lewis mengatakan bahwa kasih Allah pada manusia itu bisa digambarkan lewat 4 macam hubungan di dunia. Salah satunya adalah saat Allah menggambarkan hubungan seorang gembala dengan hewan peliharaannya (manusia dengan hewan yang dipeliharanya). Dari dulu jujur aja saya masih suka bertanya-tanya gitu, kenapa yaa Allah bisa sayang sama manusia. Maksudnya manusia kan hina, kotor, tapi kok Allah bisa sekonyong-konyong sayang yaa. 

Dengan memelihara Viola, mungkin gw sedikit mengerti kali yaa. Viola itu bandel loh, karna masih kecil, dia ga bisa diem, terus suka nyoba gigit-gigit tangan saya pas awal-awal, terus bauuuu, terus kotor kaan. Tapi saya entah kenapa sayaaang banget sama si kotor bau kecil itu. Saya ga tega ngeliat dia kelaparan atau kehausan. Dan saya berupaya keras supaya dia jadi anjing yang lebih baik, yang lebih nurut, lebih bersih, lebih wangi, dan lebih menyenangkan. Kadang usaha saya itu ga dia sukai sih, contohnya mandiin atau ngobatin. Tapi saya melakukan itu karna saya sangat sayang sama dia. Cuman yaa berhubung dia anjing yang volume otaknya jauh lebih kecil dari saya, dia jadi ga ngerti deh. 

Mungkiin, Tuhan juga sering begitu yaa sama kita. Dia melihat kita yang bandel, kotor, dan bau, dengan pandangan sayang, karna dia Tuan kita yang mengurus kita bahkan sejak kita masih ada di perut ibu kita. Dan kadang, kasihNya salah kita mengerti karna kita yang otaknya sangat kecil dibandingkan Dia, ga mengerti bentuk-bentuk kasihNya yang terasa aneh. 

Yaah, begitu kali yaaa. Setidaknya sekarang saya jadi mengerti, kadang ketika kita harus melewati hal-hal yang sulit dalam hidup ini, tantangan mungkin, kita harus belajar buat ikhlas ngejalaninnya. Percaya, kalau Tuan kita yang Diatas, melakukan apapun terhadap hidup kita atas dasar sayang yang luar biasa. Mungkin emang kadang kita ga mengerti, tapi iman itu lah yang bisa jadi jawaban setiap pertanyaan dan ketidakmengertian kita. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar