Jumat, 04 April 2014

Push Myself to The Limit

Keras kepalanya gw yang kadang bisa sangat amat menyebalkan ternyata ada gunanya juga.

Okee, keras kepala itu ga bagus. Bertahun-tahun saya belajar untuk mengendalikan diri dan selalu berupaya keras mengurasi tingkat kekerasan di kepala ini, terutama kalau itu berhubungan dengan orang lain. Kalau keinginan saya bersinggungan dengan orang lain, harus belajar buat lebih mau mendengar dan kadang harus berani mengalah. Kalau lagi adu argumen atau pendapat sama orang lain juga harus bisa nahan diri dsb dsb.

Tapi kalau itu berhubungan dengan diri kita sendiri, kadang-kadang sifat 'keras kepala' itu bisa amat sangat useful loh.

Contohnya kemarin malam, sehabis pulang kuliah saya dijemput sepupu buat latihan nyetir lagi. Sepupu panjaitan saya yang satu ini emang ngajarnya agak luar biasa dikit sih. Saya baru dua kali megang setir mobil seumur hidup saya, dan menurut saya, saya masih perlu latihan di jalanan kompleks dulu lebih banyak sebelum ke jalan yang lebih menantang.

Tapi sepupu saya beragumen lain. Menurut dia, jalanan kompleks yang lebar, banyak lurusnya, dan sedikit pengguna kendaraannya itu sangat tidak menantang. Gantinya, dia mengajak saya dan ade saya latihan di jalan Hegarmanah. Tau kan. Jalannya itu sempit, banyak tanjakan dan turunan, belokannya lumayan curam, pluuuus banyak motor yang suka nyalip-nyalip dan banyak mobil lewat.

Okeeee, dalam hati, biarpun saya gabilang ke sepupu saya, saya deg-deg parah. Ni emang gila apa ya doi? Gw belum bener-bener yakin sama diri sendiri tapi udah disuru nyetir disini. 

Sedikit gemeteran, saya nyoba pelan-pelan. Tiap kali ada turunan yang lumayan curam saya sedikit panik. Lebih panik lagi sewaktu di jalanan super sempit itu banyak ibu-ibu pengajian beserta anaknya yang bukannya jalan di trotoar, tapi malah memutuskan jalan-jalan riang di pinggir jalaaan! Buseeeet ni orang-orang, pada sekolah ga yaa, pejalan kaki itu harusnya jalan di TROTOAR, bukannya di pinggir jalan nyaris ke tengah gitu. Mana jalannya sempit. Haduuh pada sayang nyawa ga sih. Padahal kalau nabrak kan gw yang disalahin pasti.

Belum lagi motor-motor yang suka salib-menyalib seenak-enak jidatnya. Atau orang-orang yang nyebrang tanpa lihat kiri-kanan. Ni orang-orang emang luar biasa cueknya ya sama nyawa sendiri.

Yaaah, tapi kalau kata sepupu saya, itulah Indonesia. Terima aja kalau pengguna jalannya kayak gitu. Sok-sok an bijak gitu doi, padahal tiap kali ada yang nyalib atau yang jalan seenaknya, kata-kata s**t, f**k, tanpa sengaja berseliweran di mobil. Hadeeeuh-hadeeeuh.

Tapi puji Tuhan semua lancar, sampai suatu saat, ada motor yang lagi-lagi nyalib pas saya mau belok, kontan saya panik. Udah belok itu sendiri aja masih susah, ini ada motor tiba-tiba belok nyalib. Astaga. Dari yang saya diteriakin sepupu saya buat ngerem, kaki dan otak saya yang jadi ga sinkron karna panik, malah ngegas. Saya yang baru sadar salah beberapa detik setelahnya, buru-buru ngerem sampai habis. Mobil pun meluncur liar dan berhenti tepat cuman beberapa inci dari trotoar. Saya, ade, dan sepupu saya diam sejenak. Kita bertiga kontak langsung melirik jendela. Sepupu saya keluar mobil. Fyuuuuh, puji Tuhan banget-banget, bannya nahan trotoar, dan cuman selisih satu cm dari si body mobil ngegores tuh trotoar.

Kenapa kita semua selama beberapa saat ketakutan. Karnaaaa mobilnya masih baru dan mulus banget. Karnaaaa mobilnya ga berasuransi. Jadi taaau kan kalau sampai celaka saya bakal diapain. Jadi yaaa, selama belajar, kita menekankan rule utama, jangan pernah nabrak apapun, terutama yang bernyawa, dan kemudian mari kita lindungi mobil ini bersama-sama, jangan sampai nggores.

Biarpun jantung saya masih berdetak cukup keras, saya tiba-tiba nyeletuk tanpa saya sadari, "Gamau tau, pokoknya gw harus bisa. Ayo kita coba lagi."

Sepupu dan ade saya diem sebentar, terus tiba-tiba sepupu saya berkomentar, bagus-bagus rib, jangan jadi trauma atau takut. 

Mereka kira saya bakal berhenti karna hampir banget nabrak dan salah mencet rem jadi mencet gas. Tapi nooo waaay kan, maksudnya kalau jadi berhenti cuman karna soal sepele gitu kapan gw bisanya.

Sewaktu ade saya yang ketahanan konsentrasinya lebih oke dari saya kelihatan lebih mahir dalam mengendalikan mobil, saya yang merasa tertinggal, juga bersikeras pada sepupu saya supaya dikasi kesempatan mendapat tambahan puteran latihan nyetir. Gw kan lebih ga bisa, jadi gw perlu dua kali lagi puteran tambahan, gitu kata saya sama sang sepupu. Maksudnya, saya berpikir, okeee gw lebih lambat belajarnya dari ade gw, berarti gw harus latihan lebih banyak kan supaya sama bisanya. 

Yaah begitulah, kadang keras kepala sama apa yang kita yakini, keras kepala untuk selalu ga bilang gw menyerah, keras kepala sampai lo bisa bilang sama diri lo sendiri okee gw puas, gw udah bisa, itu saya simpulan diperlukan juga.

Kalau lo cukup lembek buat menyerah padahal lo belum berusaha sekuat tenaga lo, itu justru malah ga bagus. Kadang lo harus push yourself to the limit. Dan kadang itu butuh kekerasan kepala sampai batasan yang diijinkan. Begitulaaaah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar