Minggu, 20 Juli 2014

Menjadi Seorang Non Muslim di Tengah Puasa

Dulu sewaktu saya berkuliah di S1, saya punya seorang teman bernama Ridwan, Muslim yang taat menurut saya. Sholatnya ga pernah bolong-bolong, kalau hari Jumat pasti pake baju koko dan jumatan, ga pernah ngerokok atau hal-hal lainnya yang dilarang agama. 

Di saat bulan puasa beberapa tahun yang lalu, teman saya ini pernah berkata begini pada saya, "Di bulan puasa, orang yang puasa juga harus menghormati haknya orang yang tidak puasa Ribka." Begitulah kata Ridwan yang saya dan Friska sering panggil dengan sebutan Om saat saya bertanya apakah dia berkeberatan saya minum sedikit karna saya haus bangeeet. 

Saat bulan puasa, saya yang Kristiani, berupaya keras untuk menghormati teman-teman yang saya puasa. Di bulan puasa saya ga berani makan di depan umum. Paling berani bawa permen di kantong buat nyemil-nyemil. Kalau sudah mau maghrib, saya buru-buru beli minuman dingin beserta camilannya supaya diangkot bisa ikut 'buka puasa' juga hehe. Kalau udah kedengeran bunyi azan, saya baru berani terang-terangan makan di angkot. 

Kalau sudah sama teman dekat sih hal-hal begitu sudah ga sensitif lagi. Karna sama-sama sudah dewasa, kadang malah teman saya yang nyuruh saya makan, "Udah gede kali gw ka, makan aja sono hahaha." 
Jadinya ya begitu, kalau sudah kepepet aus banget, saya suka minta ijin sekaligus minta maaf buat minum. 

Sebagai non-Muslim, menurut saya, kita harus menunjukkan rasa hormat kita pada teman-teman Muslim yang sedang berpuasa. Yah kalau lagi bulan puasa, meskipun kita jadi sedikit ribet juga karna kadang jadi beneran ikut puasa, kita harus menahan diri, jangan minum dan makan seenak jidat. Apalagi kalau cuaca lagi terik, panas-panas tropis, terus kita neguk minuman dingin pake es di bulan puasa, minta dijitak ga sih. Kebayang kan mereka yang puasa ausnya kayak gimana. Jangan jadi makhluk halus penggoda iman di bulan puasaa. 

Kadang saya menemukan juga teman saya yang sama-sama Kristen yang suka makan di jalan di bulan puasa. Minta dipelototin emang. Kayak orang ga sekolah kalau menurut saya. 

Ga boleeeh kayak gitu. Saling menghormati dan menghargai itu jadi dasar kehidupan beragama kita di Indonesia. 

Dan sebagai Muslim yang baik, teman-teman saya yang Muslim juga sedemikian rupa berusaha untuk menghargai yang non-Muslim asal kita juga minta ijin dulu kalau emang sudah aus ga tertahankan. Begitulah yang Om katakan kepada saya beberapa tahun yang lalu dan yang juga saya lihat dalam diri teman-teman saya. Mereka cuek-cuek dan santai aja sebenarnya kalau saya mau makan dan minum. 

Yah, saling menghargai dan saling menghormati.
Perbedaan itu ada bukan buat diributin tapi untuk disyukuri dan dirayakan dengan saling menghormati. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar