Rabu, 13 Juni 2012

Murah Hatii

"Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati. " Lukas 6 : 36

Masih membahas Firman Tuhan dari perikop yang sama dengan renungan kemarin..
Ternyata butuh waktu 2 hari buat mendalami perikop ini.
Dan pasti butuh waktu yang lama buat sungguh-sungguh melakukan Firman Tuhan ini..

Menjadi murah hati seperti Bapa kita yang di Surga murah hati. Waow.. sulit bangeet pasti.
Murah hati itu yang bagaimana ya?

Sebenarnya, di perikop ini, Yesus sudah menjelaskan murah hati itu yang bagaimana sih, Di ayat 27 dan 28 (masih di pasal 6 tentunya) Yesus mengatakan bahwa kita harus mengasihi musuh kita, berbuat baik pada orang yang membenci kita. Selain itu Yesus mengatakan agar kita meminta berkat bagi orang yang mengutuk kita, berdoa bagi yang mencaci kita. Di ayat 30, disini dengan jelas Yesus mengatakan agar kita memberi kepada setiap orang yang meminta kepada kita, dan jangan meminta kembali pada orang yang mengambil kepunyaan kita.

Yesus pun mengatakan agar kita memberi pinjaman dengan tidak mengharapkan balasan (ayat 35).

Hem.. ternyata murah hati itu tidak mudah ya, tidak sederhana  juga untuk dilakukan. Berat malah menurut saya.

Yang saya tangkap dan garisbawahi dari murah hati adalah mengasihi siapapun dengan tulus tanpa melihat apakah dia patut dikasihi atau tidak, murah hati adalah memberi dengan hati yang ikhlas, yang bebas, memberi tanpa mengharapkan akan mendapat balasan.

Ya.. karna seperti itulah Bapa kita di Sorga, Dia sungguh murah hati. Dia baik terhadap orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat (ayat 35). Dia rela memberikan nyawaNya bagi kita yang berdosa, jahat, dan tidak layak.

Menjadi murah hati seperti-Mu ya Bapa. Itulah kerinduan hati setiap kami Tuhan. Ajar kami untuk memiliki hati seperti hati-Mu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar