Kamis, 23 Agustus 2012

Samurai

Samurai.. Gara-gara film The Last Samurai, saya jadi kagum banget sama yang namanya samurai. Sebenarnya kurang tepat sih, soalnya namanya juga film, pasti penggambaran samurainya tidak berimbang dan ideal. Jadi lebih tepatnya saya kagum banget sama samura-samurai yang ada di film The Last Samurai hehe.

Kenapa bisa kagum? Hem, yang pertama mereka itu orang-orang yang sangat berani. Mereka ga takut mati loh. Tidak takut mati untuk sesuatu yang mereka perjuangkan dan yakini.Itu mengagumkan menurut saya. Setiap samurai menganut bushido -yang saya kutip dari google- adalah kode etik kepahlawanan golongan samurai yang rela mati untuk negara/kerajaannya. Dan bila gagal, demi mempertahankan kehormatan, mereka akan melakukan sepukku alias harikiri alias bunuh diri hehe. Meskipun menurut saya konyol, tapi untuk mereka, lebih baik mengakhiri hidup sendiri daripada menanggung malu. Mereka tidak mau menyerah dalam suatu pertempuran kepada musuh, mereka lebih suka mati di medan pertempuran atau mati dengan pedang sendiri lewat sepukku.

Kedua, saya kagum dengan sikap mereka yang sangat disiplin dan melakukan segala sesuatu dengan standar kesempurnaan. Tau kan gimana cara hidupnya orang Jepang. Rapi-rapi, tertib, dan disiplin. Nah, samurai-samurai ini juga begitu. Mereka punya standar disiplin tinggi dalam hidup mereka. Dan mereka sangat suka kesempurnaan dan keindahan. Tengok pedang samurai mereka yang bernilai seni tinggi. Mereka juga orang-orang yang terpelajar. Mereka bahkan suka berpuisi dan berfilosofi. Cara mereka minum teh, cara mereka makan, semuanya teratur dan rapi. Orang-orang Barat mengatakan bahwa mereka adalah prajurit barbar dengan busur dan panah, padahal jika dibandingkan dengan gaya hidup para samurai ini, orang-orang Barat ini malah kelihatan lebih barbar hehe :P

Memang, menurut saya sikap mereka sangat bodoh dan tidak mau menerima perubahan. Mereka orang-orang hebat dan bukan seorang pengecut, Tapi tetap saja akhirnya mereka semua kalah dan mati dalam pertempuran melawan prajurit Jepang yang dilengkapi dengan meriam dan persenjataan modern lainnya. Mereka tidak mau memegang senjata api atau berpakaian ala modern, mereka menganggap itu adalah sebuah penghinaan.

Meskpiun begitu, hal itu menjadi hal ketiga yang saya kagumi dari para samurai. Mereka bangga atas siapa diri mereka. Mereka tidak merasa bahwa kebudayaan mereka, tradisi leluhur mereka adalah sesuatu yang lebih rendah dari kebudayaan Barat. Mereka menghormati diri mereka dan warisan leluhur mereka. Mereka tidak pernah malu dan tidak lupa darimana mereka berasal. Itu mengagumkan.

Berani, integritas, disiplin, kerja keras, kesempurnaan, punya nilai dan gambar diri yang kuat, tidak minder. Itu yang membuat saya kagum pada para samurai. :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar