Minggu, 19 Agustus 2012

Yang Menarik dari Lebaran

Sebenarnya, saya tidak ikut merayakan Lebaran. Tapi saya hidup di negara yang mayoritas warga negaranya merayakan Lebaran. Dan saya menghormati itu.

Hari ini adalah Lebaran hari pertama. Hem, menurut saya, ada beberapa hal menarik saat orang berlebaran.

Pertama, saya salut dengan orang-orang yang sungguh-sungguh berpuasa 30 hari lamanya dan kemudian berlebaran. Saya bisa melihat kesungguhan dan ketaatan mereka.
Harusnya saya juga melakukannya. Taat dan sungguh-sungguh mengikut Tuhan. Ga lenje-lenje hehe.

Kedua, tradisi bermaaf-maafan. Memang setiap hari pun, kalau ada yang bersalah pada kita harus kita maafkan. Tapi rasanya menyenangkan ya, ada satu hari dimana seluruh anggota keluarga dan teman-teman bisa saling bermaaf-maafan. Pernah teman saya di kampus, teman sekelas saya bertengkar dengan temannya. Lama sekali mereka tidak mau saling bicara. Hem, keduanya sama-sama keras kepala hehe. Tapi ketika Lebaran, mereka jadi maaf-maafan deh. Memang lebih bagusnya maafan dari awal sih, ga cuma karna lebaran saja, tapi daripada tidak sama sekali.

Ketiga, tradisi kumpul-kumpulnya. Saat Lebaran, semua anggota keluarga kumpul-kumpul. Bahkan banyak orang yang merelakan diri untuk bermudik ria untuk bisa berkumpul bersama sanak saudaranya. Bahkan, bagi yang tidak berlebaran pun, jadi ikut-ikutan mudik deh.

Keempat, tentu saja makanannya. Saat Lebaran banyak banget makanan enak bertebaran. Biarpun saya sendiri tidak buat, tapi tetangga-tetangga saya kan pada buat. Ketupat, opor ayam, rendang, sambal goreng ati.. Heeeem

Yaah, Lebaran memang bukan hari raya saya. Tapi Lebaran sudah jadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Dan selalu jadi hari yang menarik untuk diamati.  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar